Maulida Nurul Pratiwi
1SA06
17615735
Kata iklan (advertising)
berasal dari bahasa Yunani, yang artinya adalah menggiring orang pada gagasan.
Adapun pengertian iklan secara komprehensif adalah semua bentuk aktivitas untuk
menghadirkan dan mempromosikan ide, barang, atau jasa secara nonpersonal yang
dibayar oleh sponsor tertentu. Dan disini beberapa teori dalam penulisan
bahasa iklan :
1. 1.
Monle
Lee dan Carla Johnson mendefinisikan iklan sebagai sebuah komunikasi komersil
dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang
ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal seperti
televisi, radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame
luar ruang, atau kendaraan umum ( 2004:3). dari sini jelas bahwa iklan
merupakan media komunikasi massa.
2. 2.
Bahasa
dalam iklan dituntut untuk mampu menggugah, manarik, mengidentifikasi,
manggalang kebersamaan, dan mengkomunikasikan pesan dengan koperatif kepada
khalayak (Stan Rapp & Tom Collins, 1995: 152).
3. 3.
Menurut Wright (1978), iklan
merupakan suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan sangat penting
sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang, memberikan layanan, serta
gagasan atau ide-ide melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi yang
persuasif.
4. 4.
Menurut Bitter (1986) membagi
iklan menjadi dua jenis, yaitu iklan standar dan iklan layanan masyarakat.
Iklan standar (komersil) adalah iklan yang menawarkan penjualan dan jasa
sedaangkan iklan layanan masyarakat, yaitu iklan yang bersifat non-profit.
Iklan ini berupaya mencari keuntungan yang bersifat sosial, bukan keuntungan
komersial secara langsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar